Jaturampe

Beranda » jaturampe » Segalanya adalah Cinta

Segalanya adalah Cinta

Follow Jaturampe on WordPress.com

Segala sesuatu adalah perwujudan Cinta dari Sang Maha Cinta. Cinta dalam bahasa arab berasal dari kata:

  1. Habab yang berarti gelembung air atau puncaknya segala dalam hati
  2. Al Habbu (anting anting) karena menempel di telinga sehingga sering bergerak, kanan kiri/depan belakang
  3. Habbah (biji) atau benih kehidupan
  4. Hibbah yang mempunyai arti kerikil kecil padang pasir

lihatlah, melalui Cinta Tuhan (dengan bukti)  firman – wa nafakhtu fihii min ruuhi  dimana  maknanya  adalah dan Ku tiupkan RuhKu kepadamu. Inilah cinta tingkat tinggi, dimana pemberian yang merupakan  rahmat yang khusus, bukan?

Cinta Allah kepada hambanya merupakan keinginanNya unutk memberikan hambanya Nikmat. Rahmat merupakan keinginan khusus dengan kedekatan dan kedudukan tinggi yang sering disebut Mahabbah

Cinta yang kedua tiada yang lain selain Nabi Muhammad SAW, bagaimana Sang Nabi ini merupakan Manusia Sempurna yang mencerminkan sifat Maha Indah. Menurut beliau dalam salah satu hadits ” Seseorang akan bersama yang dicintainya. Maka Nabi ini mempersembahkan cintanya semata untuk Tuhan, berawal dari kegelisahan hingga bertafakur di Gua Hira’. yang akhirnya menemukan dan mendapatkan firman Bacalah dengan Nama TuhanMu.

Pemaknaan dan penafsiran cinta yang selanjutnya adalah milik para Kekasih Allah yakni salah satunya

  1. Rabi’ah Al Adawiyya yang mengatakan ” Tuhanku, jika aku menyembahMu karena takut api neraka, maka bakarlah aku di dalam neraka. Jika aku menyembahMu karena harap surga, maka usirlah aku dari surga. Tuhan, aku menyembahMu karenaMu, maka jangan sembunyikan keindahanMu yang abadi..”
  2. Muhyidin Ibn Arabi, sufi agung dari Andalucia, dimana sampai mengikrarkan bahwa cinta adalah inti segalanya dan bahkan mengatakan agama cinta, yakni lewat ungkapan ” hatiku telah siap menerima segala bentuk padang rumput bagi rusa, biara bagi para rahib, candi bagi penyembah berhala, ka’bah bagi para penthawaf. Menjadi alwah bagi Taurat dan mushaf bagi Al Quran, kemanapun kendaraannya mengarah, Cinta adalah agama dan keyakinanku)
  3. Abu  Sa’id ibn Abi Al Khair berucap ” saat mataku terbuka, tampak olehku seluruh keindahanMu, saat kuucap rahasiaku kepadaMu, seluruh jiwaku terjiwai. Kukira, terlarang bagiku untuk berbicara kepada orang lain, tetapi ketika bersamaMu aku berbincang, ah..kisah ini tak akan terceritakan.
  4. Penafsiran dari Sunan Bonang yang mengatakan ” Isk Dzatullah (cinta terhadap Dzat Allah, Asik Dzatullah (obyek cinta itu Dzat Allah) Ma’suk Dzatullah (Cinta itu tidak lain daripada Dzatnya sendiri)

sesungguhnya masih ada banyak para Pecinta, yang dengan tulus mempersembahkannya kepada Tuhan. Tak lupa adalah kasih sayang dari seorang ibu terhadap anaknya, sampai Tuhan sendiri menganugerahkan pemberian nama atas nama Rahim kepada bagian dari ibu ini. pemanggilan Ummi pun sampai disebut tiga kali oleh Nabi Muhammad bukan? itulah ibu, yang surga ada di bawah telapak kakinya.

Cinta adalah Indah. maka segala sesuatu yang tidak indah berarti di dalamnya masih ada gelap yang membungkusnya.

Cinta adalah kasih sayang di mana segala sesuatu yang tidak ada kasih sayang atau tak bisa menampakkannya maka itu berarti kasih sayang dalam bentuk potensial.

Cinta bersandingan dengan kata cemburu. cemburu antar insan yang mencinta dan cemburu dari Sang Kekasih.

dan cinta adalah kebahagian yang tertinggi, yang dengan manis terangkum da lam ayat Al Quran ” lan tanaalul birra hatta tunfiquu mimma tuhibbun..”

seperti juga judul salah satu film nasional ” Kejarlah Daku, Kau ku tangkap ”



1 Komentar

  1. kate spade outlet mengatakan:

    kate spade outlet

    Segalanya adalah Cinta « Jaturampe

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s