Jaturampe

Beranda » jaturampe » Setan Yang Terkalahkan

Setan Yang Terkalahkan

Follow Jaturampe on WordPress.com

Adakah orang di dunia ini yang tidak mencari cinta? adakah orang di dunia ini yang tidak menginginkan bahagia?

Pasti, semua manusia tentunya akan berusaha ingin mendapatkannya, meski setitik dari bahagia, ataupun cuma sekilas bergelut dengannya. Maka berlomba-lombalah mereka, dari ujung Timur ke ujung Barat guna mengejar sesuatu itu yang kan membuatnya tenteram, entah berupa harta, tahta, ataupun wanita. Tapi cukupkah hal itu membuat bahagia?, ataukah malah mendatangkan sengsara.

Aku, bagian dari segenap insan yang berusaha memburu, mengintip bahkan tak segan-segan untuk memperkosanya. Inginnya diri, bahagia adalah milikku semata, orang lain adalah saingan, orang lain adalah penghambat, dan orang lain adalah yang tak berhak. Maka segenap cara kubenarkan. Mulai dari taktik, siasat bahkan rekayasa sah kulaksanakan. Kupukul yang mau maju, kujerembabkan yang ingin menghadang, karena aku adalah sebentuk nafsu yang menggelegak, amarah yang berkehendak, demi kenikmatan diri, demi kejayaan semata. lalu kupalsukan kata-kataku, kutelungkupkan nuraniku dan kugerakkan seluruh niatan hitam bahwa tujuan terpenting adalah kebahagian, bukan untuk orang lain, tapi untuk diriku semata. Lantas, kukumpulkan ribuan setan untuk mengajariku cara menipu, mengajari cara ambisi, mengajari cara menghabisi. Dan dasar setan, ia memberiku bonus yang berupa kiat dan cara cepat mendapatkan uang dan tepat – ya, k o r u p s i… menjadi tablet yang sangat manjur.

Lantas, apakah aku mendapatkan bahagia? Menjadi dicinta? Menjadi paling muka?

Jawabannya tentu tidak..

Dari petuah Kyai yang mendatangiku ribuan kali, dimana tiap pertemuannya, ia sering kali ku umpat, ku hadang bahkan kuhajar dengan kata-kata dan logika. Tapi anehnya, -entah dipertemuan yang keberapa hati ini takluk, nurani mencair…

Tahukah, petuah apa yang mengajariku kembali?

Ia hanya bilang:

Lan tanaalul birra hatta tunfiquu mimmaa tuhibbun..(QS 3 ayat 92)

Bahwa..

Engkau tidak akan pernah mencapai kebahagian (yang sempurna) hingga engkau mampu mengorbankan hal yang terbaik dari yang engkau miliki..


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s