Jaturampe

Beranda » Agama » Masih Perlukah Sholat?

Masih Perlukah Sholat?

Follow Jaturampe on WordPress.com

Mengapakah setiap kali aku sholat pikiranku malah sibuk memikirkan sebuah pekerjaan kantor, makanan, bahkan kadang melintas gadis gadis yang pernah kutemui? Mengapakah ketika mengikuti sholat Jum’at di Masjid kampungku, eee…malah asyik teklak tekluk bahkan kadang tertidur? Wah, kalau ini terus terusan terjadi bakalan tidak sampai nih..bisik nuraniku.

Lantas, diri mulai mencari cari banyak refensi, membolak balik buku, mendengarkan petuah kyai-kyai (baik yang muda maupun yang sepuh), dan kemudian mencoba menerapkannya pada setiap gerak sholatku. Tapi berhasilkah? eng..ing..eng, ternyata masih sama alias hasilnya Nihil, walau kali ini yang melintas malah gambaran gambaran yang indah indah atau kadang gambaran yang mengerikan (mungkinkah ini gambaran Surga atau Neraka?) atau tidak tahu, aku hanya membisu.

Gelisah mulai membuncah, semangat jadi turun,  sementara raka’at yang sudah sudah kubiarkan berjalan namun tanpa kualitas. Weeee…ini berarti bisa membuat gelar baru bagi diriku: Islam Ijazah…hasil Payah.

Suatu saat, diri bertemu dengan seorang petani biasa, berwajah biasa namun bermata sangat teduh namun tajam. Segera ku dekati laki-laki setengah umur ini, dan iseng kutanyai..kira-kira begini:

Aku : ” Maaf pak, kok wajah bapak kelihatan sangat tenang, sepertinya tidak banyak terganggu dengan keadaan, baik ekonomi maupun ketakutan dan harapan hidup?”

Petani: ” Apa yang kau takutkan, dik? lha wong hidup itu kan hanya sekedar menjalani kok.”

Aku: ” Benar juga sih pak, tapikan keadaan harga barang-barang sedang melambung, apalagi banyak demo di kota-kota besar, pengrusakan bahkan pengeboman, hehehe  (aku mencoba tertawa, sekedar mencairkan suasana)

Petani: ” itulah kasunyatan, dik, tapi sebenarnya semua persoalan itu jawabannya ada di sholat”?

aku : ” Oh ya, kok bisa pak? lha wong semua warga Indonesia juga sholat, dari kaki-nini, cilik-dewasa, laki maupun wanita kok, nyatanya keadaan ekonumi juga biasa saja, lagian setelah sholat juga berdoa, (mungkin) dengan harapan tambahan ekonumi, rejeki, panjang umur, atau selamat dunia akhirat.”?

Petani: ” Itulah, semua itu ditentukan dari masing masing pribadi, berikanlah pertanyaan pada diri, nah..biasanya, jawabannya ya…seperti yang adik katakan, minta inilah, minta itulah, bahkan kadang malah meminta sesuatu yang remeh temeh. Lihatlah dik, Tuhan sudah memberikan otak, rasa, jiwa, semangat dan lain lain yang  merupakan sebuah kesempurnaan, kita hidup di dunia, jadi, kerjakan perangkat perangkat pemberian Tuhan yang berhubungan dengan dunia.” kata petani itu sembari tergelak dalam tawa. Tapi, pernahkah tumbuh niatan permintan supaya Tuhan memberikan rasa untuk mendekat? dik, jika manusia diberikan kedekatan kepada Tuhan, jangankan permata maupun emas, apasaja akan diberikan, tentunya niatan ini harus tulus, jangan mengharapkan bonus bonusNya, semata ingin mendekat saja, bayangkan saja, seorang ManusiaAgungpun (Sang Rasul)  sholat dan doanya hanya berisi kebaikan untuk orang lain dan umatnya kan”?

Lan tanaalul birra hatta tunfiquu mimmaa tuhibbun..(QS 3 ayat 92)

Engkau tidak akan pernah mencapai kebahagian (yang sempurna) hingga engkau mampu mengorbankan hal yang terbaik dari yang engkau miliki..

akupun tersentuh, seperti ditelanjangi oleh serombogan putri-putri, (yeeeaahhhh)..seraya berpikir, jangan-jangan  selama ini, sholat dan doaku banyak berisi permintaan yang sifatnya menguntungkan diri saja, termasuk pahala-pahala dan surga, pula sering mengisi pikiran dengan hal yang berbau dunia, maka, ya wajar jika sholat isinya tak lebih dari isi perut saja…ahh, maafkan aku Tuhan, dan Terimakasih petunjukMu lewat itu Petani. Lalu, muncul sebuah pertanyaan masih perlukah sholat? Masiiiiiiiihhhhhhhhhh!!!!! jawabku ringan…

 

 


2 Komentar

  1. adnan mengatakan:

    shalat? perlu mas. :)
    secara itu kan tiangnya agama.. hehe..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s