Jaturampe

Beranda » jaturampe » Inilah Manusia Sempurna Itu!

Inilah Manusia Sempurna Itu!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Mungkin anda pernah mendengar alasan begini, ” Maafkan saya pak, saya hanya manusia biasa yang punya banyak khilafnya, maaf ya pak, manusia kan tidak ada yang sempurna.”? ya, ungkapan ini seringkali hilir mudik di lintasan ruang manapun, entah kantor, pabrik ataupun sekolahan, lebih kata ini akan diucapkan sekedar untuk adanya pemakluman. Lalu pernahkah terpikir, adakah manusia yang sempurna, ataukah manusia itu tidak sempurna?

Insan Kamil bisa diartikan sebagai sebuah wujud manusia yang sempurna, dimana Ins atau uns berarti  cinta atau ada yang mengartikan nas yang berarti lupa bahkan ada yang menafsiri “ain san” seperti mata. sedang Kamil berasal dari kata Kamal, yang juga menjadi salah satu sifat Tuhan. Lalu siapakah manusia yang berhak mendapatkan gelar ini? gelaran ini biasanya tepat disandang oleh Nabi Muhammad SAW. Masa sih? benar saja?pernahkah mendengar hadits yang berbunyi ” Ana min nuuru’llahi wa kholaq kuluhum min nuuri. ” ( Aku berasal dari cahaya Tuhan dan seluruh dunia berasal dariku”. Nah, tafsiran hadits di atas jelas mengungkapkan bahwa segala sesuatu yang ada di dunia ini, asalkan yang mewujud merupakan asal dari Nur Muhammad, sedang yang berupa ruh berasal dari Tuhan. Ini diperjelas dengan adanya firman ” wa nafakthu fiihi min ruuhi” (dan kutiupkan ruhku). Jadi insan kamil adalah pantulan yang sempurna atau perwujudan yang sempurna dari sifat dan nama Allah. Jika asma Allah adalah Rahman maka hambanya diwajibkan sesuai dengan asma tersebut yakni, menyayangi kerabat atau manusia lain.

Lalu adakah manusia yang sempurna selain Nabi Muhammad? Ada satu hadits yang berbunyi Inna Allah khalaqa Adam ‘ala shuratihi yang berarti Allah menciptakan Adam menurut bentuknya. Ini juga bersumber dari QS 2:31) Dia telah mengajari Adam semua nama. Pengenalan nama ini bisa diartikan Asma Allah, juga nama-nama benda yang ada di bumi..(asik sekali ya mengenal nama benda sesuai dengan nama asli dari Tuhan, hehehe).

Hal ini juga diperkuat oleh salah satu sufi agung (Muhyidin Ibn Arabi) yang mengatakan bahwa ” Jika engkau menghendaki sifat Adam adalah kehadiran Ilahi, jika engkau menghendakisifat Adam adalah totalitas dari nama nam Ilahi. Jadi, itulah sifat Adam ketika Dia (Tuhan) menyatukan ke dua tanganNya. Lalu bagaimana dengan manusia yang ada di bumi selain dari kedua nabi di atas? apakah juga sempurna? semua juga sempurna menurut dari nama dan sifat yang menaunginya, misalnya hidup yang berasal dari Sang Maha Hidup, namun semuanya sempurna menurut cermin yang menangkap cahaya, seberapa besarnya cahaya yang ditangkap sebesar itulah makna akan dirinya di muka bumi ini.

Jadi, jika ada yang mempertanyakan ” Adakah manusia sempurna” jawablah ada yakni, Nabi Muhammad SAW, Nabi Adam, juga nabi lain dan para wali walinya, sempurna mengejawantahkan sifat dan Asma Tuhan yang di amanatkan padanya. Nah, bagaimana dengan diri kita? hehehe, mungkin baru tahap proses, berhasil atau tidaknya tergantung petunjuk Tuhan dan kemauan memurnikan diri.

salam darussalam

Iklan

2 Komentar

  1. Titi berkata:

    Kalau di tanyakan pada ku maka ku jawab ADA…Kanjeng Nabi. Dari Nur NYA menjadi Kanjeng, dari NUR Kanjeng menjadi para utusan dan kita kita.
    Kalau ku jelaskan semua ndak etis, karena kalian yang membaca ini akan mengatakan : ” ah itu karena engkau adalah itu “. REPOT. Jadi ya ADA pengetahuan yang BISA ku bagi, ADA pengetahuan yang HARUS ku simpan sendiri.

    • jaturampe berkata:

      eh, sampai tidak tahu kalau postingan ini kedatangan tamu agung, maaf mbak Titi, oh,alangkah bahagianya jika mendapat pencerahan dari salah satu master dalam bidang ini yakni Mbak Titi, hehehe..salam darussalam mbak..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s