Jaturampe

Beranda » Agama » Pemikiranmu adalah Penyebab Maju Mundurnya Dunia

Pemikiranmu adalah Penyebab Maju Mundurnya Dunia

Follow Jaturampe on WordPress.com

Pernah mendengar hadits ini? Umat manusia itu tertidur, dan ketika mereka mati, mereka terjaga. Hmm…bagaimana? Yup, saya yakin sampeyan pernah mendengarkannya, lalu apa yang anda kenali dan renungi dari hadits ini? atau jangan jangan ini perintah untuk tidur? weee..tentu saja tidak, bukankah leluhur kita (Jawa lagi nih) mengatakan untuk cegah dhahar lawan guling atau mengurangi makan dan tidur. Jadi, apa kunci dari hadits ini? Hmm…benar Bro, di situ ada kata tertidur, terjaga dan juga mati, lalu apa? yes that right! sebenarnya ada satu kata tambahan yakni, pikiran. lalu apa hubungannya?

Lamat lamat dari seberang rumahku (maklum dekat surau) ada petuah dari kyai yang sedang berceramah, dan kayaknya berhubungan dengan topik ini. Apa isi ceramahnya? ” Tauhid terbesar adalah ucapan La ilaha ila Llah“. lalu apa kaitannya dengan postingan ini? Oke, mari kita kenali memori kita yang dahulu, bahwa manusia yang tertidur adalah manusia yang menidurkan pikirannya dari mengingat Tuhan, yang juga berarti isi dalam pikirannya hanya materi atau segala sesuatu selain Tuhan. Manusia dikatakan hidup jika di setiap harinya senantiasa memikirkan asma, sifat, afal  Tuhan.

Pikiran adalah kehidupan jiwa alam semesta, ia merupakan dasar kehidupan itu, dan pada dasarnya (pemikiran) adalah Manusia. Di sini ada keterkaitan antara para filsuf dan sufi. Bahwasanya Pikiran adalah asal usul eksistensi yang merupakan esensi dimana di dalamnya Tuhan mewujud secara sempurna. Alam semesta mempunyai asal usul dalam pemikiran dan karena itulah Pikiran menentukan individu: semua, apa, semesta pula eksisitensinya ditentukan oleh pemikiran, maka maju atau mundur, lestari atau kiamat pada dasarnya juga disebabkan ulah manusianya sendiri, sedang Tuhan hanya memutuskan masih ada/tidaknya suatu dunia.

So, mau dibawa kemana mimpimu hari ini?

 


2 Komentar

  1. Adam Kurniawan mengatakan:

    Nice post n good blog sob…
    Lanjut terus…
    Ditunggu posting selanjutnya ya…

    Jangan lupa juga kunjungan balik ya…
    Dan kasi komennya ya sob di blog saya…
    :)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s