Jaturampe

Beranda » Agama » Cinta Meruah Tuhan Untuk Iyyasya Dzulqarnain

Cinta Meruah Tuhan Untuk Iyyasya Dzulqarnain

Follow Jaturampe on WordPress.com

Pernah mendengar nama Iyyasya?Hmm..masak sih belum pernah mendengar?Bagaimana kalau Dzulqarnain, Iskandariah, Alexander?Hmm..pastinya kenal. Bukankan Tuhan telah mengabadikan namanya di banyak Kitab-kitab suci?Dzulqarnain bermakna dua tanduk, yang sebagian ulama mengartikannya sebagai ujung barat dan ujung timur (bermula dari mimpinya Dzulqarnain). Dan benar saja kekuasaannya meliputi banyak negara, yang merupakan suatu garis yang membelah.

Suatu waktu Dzulqarnain mendapatkan wahyu dari Allah ” Wahai Dzulqarnain, sesungguhnya engkau adalah hujah-Ku atas semua makhluk yang berada di TImur atau Barat, dan inilah ta’wil dari mimpimu”. Lalu Iyyasya menjawab, ” Wahai Tuhanku, sesungguhnya Engkau telah menugaskan kepada aku pada suatu perkara yang besar, dan tidak ada yang dapat mengetahui ukurannya kecuali Engkau. Oleh karena itu, beritahukanlah kepadaku, dengan apa aku dapat menyayangi mereka, dengan bilangan apa aku dapat mengalahkan mereka? dengan strategi apakah aku dapat memerangi mereka? Dan dengan bahasa apakah aku dapat berbicara dengan mereka?

Allah SWT mewahyukan kepadanya, ” Aku akan melapangkan dadamu sehingga kamu dapat mendengar segala sesuatu, melapangkanmu sehingga kamu dapat memahami segala sesuatu. Aku akan menjagamu sehingga tidak ada sesuatu yang luput dari pengetahuanmu. Aku akan membantumu sehingga tidak ada sesuatu yang dapat membahayakanmu. AKu akan menundukkan untukmu cahaya dan kegelapan, Aku akan jadikan keduanya sehingga diantara pasukanmu, cahaya memberikan sinar petunjuk, sedang kegelapan itu menjagamu, dan seluruh umat akan berhimpun di belakangmu.”

Ketika melaksanakan  Hajji, Dzulqarnain bertemu dengan Nabi Ibrahim As, yang kemudian menanyakannya dengan sebuah pertanyaan yang dahsyat, yakni, “Dengan apakah engkau memotong masa?” Lalu dzulqarnain menjawab, ” Dengan sebelas kalimat, yaitu:

  1. Subhanaallahi man Huwa Baqin la yafna
  2. Subhanaallahi man Huwa ‘Alimun la yansa
  3. Subhanaallahi man Huwa Hafizhun la yasquth
  4. Subhanaallahi man Huwa Bashiirun la yartab
  5. Subhanaallahi man Huwa Qoyyumun la yanam
  6. Subhanaallahi man Huwa Malikun la yuram
  7. Subhanaallahi man Huwa ‘Azizun la yudham
  8. Subhanaallahi man Huwa Nuhtajabun la yura
  9. Subhanaallahi man Huwa Wasi’un la yatakallaf
  10. Subhanaallahi man Huwa Qo’imun la yalhu
  11. Subhanaallahi man Huwa Da’imun la yashu

Begitulah cerita Raja Dzulqarnain yang terkenal di seantro jagad, dimana namanya  abadi, dan tertera dibanyak kitab-kitab suci.

diambil dari berbagai buku, diantaranya Kitab Qashash al Anbiya’ karya Ar Rawandi

 

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s