Jaturampe

Beranda » Agama » Asal Hatimu Penuh Cinta, Surga Hanya Jadi Tangga Pertama!

Asal Hatimu Penuh Cinta, Surga Hanya Jadi Tangga Pertama!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Sebagian hal terpenting dalam kehidupan manusia adalah hati. Anda sepakat? Ya..pikiranpun bisa menjadi lebih hidup jika ditambah perasaan dari hati yang terdalam (sir). Seringkali banyak orang yang memakai kata kata rasa, namun  sedikit yang bisa mengungkapkan dan menguraikannya dalam bentuk kata. Wajar, sebab rasa cenderung dekat dengan sebuah getar, getaran yang bertitik pusat di hati, namun bukan hati (lever) tetapi jantung hati.

Hati, selain merupakan permulaan dari pembentukan rasa, juga merupakan permulaan ruh yang membuat manusia menjadi benar benar Pribadi. Siapa sih yang tidak ingin menjadi seorang pribadi sejati? atau jangan-jangan andakah Sang Manusia Sempurna?

Sesungguhnya kedamaian hati tidak akan anda temukan di segala penjuru mayapada ini, baik surau, gereja, vihara, maupun tempat-tempat suci lainnya, sebab tempat-tempat  itu hanya merupakan refleksi dari perasaan yang bergetar. Sejauh perasaan tidak bergetar, jangankan tempat, lha wong surga sendiri juga  seakan akan menajdi tempat tidak menyenangkan, mau contoh? Oke, bagaimana jika kita berada di surga namun ibu atau orang yang kita cintai tidak berada di sana? Entah kalau anda, kalau saya, lebih baik berada di tempat sama. Lalu dimanakan tempatnya kebahagian itu? Benar kawan, kedamaian itu hanya ada di hati dengan rasa yang bergetar. Hati yang dipenuhi cinta.

Bukankah banyak ayat di Kitab Al Qur’an yang menyatakan bahwa kedamaian hati justru terletak ketika memberikan sesuatu hal/benda yang kita cintai kepada orang lain? Lan tanalul birra hatta tunfiqqu mimma tuhibbun.

Terakhir sebait syair yang saya temukan dalam Kitab Bonang, dimana mengatakan,  ” Isk Dzatullah, Asik Dzatullah, Ma’suk Dzatullah (cinta terhadap dzat Tuhan, obyek cinta itu dzat Tuhan, dan Cinta itu tiada lain daripada DzatNya)

Salam Darussalam

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s