Jaturampe

Beranda » filsafat » Alam Menurut Ibn Arabi

Alam Menurut Ibn Arabi

Follow Jaturampe on WordPress.com

Anda pasti kenal orang ini?orang ini dikenal akrab dikalangan para sufi, So, banyak neo sufi selalu merujuk pada setiap karya-karyanya, antara lain Futuhat Al Makiyyah, Tarjuman Al Asymaq dan Fushus dll. Yup…dialah Sang Syaikh  Al AKbar, Muhyi Al Din Muhammad Ibn Ali Ibn Muhammad al arabi al Tha’i al Hatimi.  Beliau lahir malam Senin 17 Ramadan 560 H.

Banyak yang mengira bahwa dia beraliran wahdatul wujud, terlepas benar atau salah, pendapat saya, beliau termasuk salah satu hamba Tuhan yang menjadi agen untuk penyalur segenap rahasiaNya,hehhehe. Pada kitabnya Futuhat al Makiyyah ia menceritakan bahwa Beliau tersadardari kenakalan masa remaja menuju penghambaan  pada Tuhan, saat  mimpi mendapatkan bimbingan langsung dari Nabi Isa, Nabi Musa, dan Nabi Muhammad.

Berikut ini adalah pendapatnya (yang menurut tafsir sebagian kalangan mengatakan ia orang yang tersesat),..

  1. Adanya alam semesta tidak dapat dipisahkan dari sejarah Nabi Adam, saat terjadi pelimpahan pertama dalam bentuk tajalli/penampakan. Antara Tuhan dan makhluk saling berhubungan sebagaimana cermin dan bayangannya.
  2. Manusia bagi Tuhan adalah seperti mata dengan mata. Dengan manusia Tuhan melihat makhlukNya melalui sifat Rahman Rahim. Melalui tajalliNya kita mengenal alam semesta.
  3. Wujud semesta adalah satu, apabila kita memandangnya secara kasat mata maka  jumlah alam yang banyak itu dikarenakan  kita hanya menggunakan indra dan akal semata. BukankahAkal & indra hanya sering digunakan oleh kaum filosof, sedang bagi seorang sufi, kesemestaan menjadi keberadaan tunggal, antara Al Haq dan Al Khalik.
  4. Segala sesuatu berasal dari limpahan rahmat Tuhan yang terus menerus .
Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s