Jaturampe

Beranda » Agama » Nyentrik Pula Unik!

Nyentrik Pula Unik!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Postingan kali ini akan saya mulai dengan hal-hal yang membuat saya sangat tertarik dengan  pemikiran sufi, selain karena  nyentrik dan unik, para sufi biasanya bertindak  dan berlaku kadang tidak sesuai dengan orang awam lainnya, tapi sesungguhnya mereka punya prinsip. Kadang hal unik itu semata dikarenakan untuk menutupi bahkan sekedar tahapan pengujian. Lihat saja, betapa Syeikh Abdul KHoir tidak gumun  pada orang yang bisa terbang (dikarenakan burungpun bisa terbang) atau kagum pada orang yang bisa berjalan diatas air (karena ikanpun bisa melakukan hal itu, malah bisa berenang) Syeikh Abdul Sa’id Ibn Abdul Khoir lebih menyukai para penyendiri, yang bahkan tidak menunjukkan segala amalannya.

Adalagi Syeikh Al Hallaj, penembang Sang Swara Kebenaran ” Ana al Haq”, meski dari shathiyatnya itu,  ia merelakan dirinya dibunuh sebab ucapan tanpa sadarnya. Lalu apakah ini dikarenakan kesombongannya?kealpaannya?ketidak patuhannya?  coba telusuri puisinya ini..

” Ah, apakah ini Aku atau Engkau, atau ini akan menjad dua Tuhan, tak terpikirkan olehku, tak terpikirkan olehku untuk menganggap bahwa kita adalah dua, keinginanku tak pernah sampai padaMu selamanya, dan keseluruhanku atas segala hal, kabur dalam dua wajah,

dimanakah hakikatMu, diluar dirikukah? agar aku bisa memandang wajahMu dengan jelas?tapi esensiku telah tersingkap, yaitu..tidak dimana-mana, lalu dimana kan kutemukan wajahMu? obyek yang senantiasa mempesona! dimana letaknya? di dasar jiwaku atau di ujung mataku?

Antara Engkau dan aku, ada “aku” yang menggelisahkanku! kumohon angkatlah aku melalui AkuMu, Angkatlah aku keluar dari keduaan kita!

Atau bacalah syairnya  ini..

Engkau yang menyalahkan kerinduanku padaNya, berapa lama engkau bisa menyalahkan?jika kau tahu apa yang kumaksud, engkau tidak akan menyalahkanku. Manusia naik haji untuk mereka sendiri, tetapi aku naik haji untuk kekasihku. Mereka menggiring hewan untuk dikorbankan, tetapi aku menggiring darah hatiku sendiri.

Bukankah ini nyentrik?lalu kenapa dihukum Pancung?

 

 

 

 


Tinggalkan Balasan

