Jaturampe

Beranda » Agama » Yach, Bomnya Meledak Lagi!Payah!

Yach, Bomnya Meledak Lagi!Payah!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Akhir-akhir ini, gerakan Islam garis keras seperti hendak mulai menggeliat lagi, setelah tiarap dan tidur sejenak, seusai peristiwa penghancuran Ahmadiyah di Cirebon,  anda boleh percaya boleh juga tidak. Tetapi meledaknya bom  di komplek TUK  (ditujukan Ulil Abshar Abdalla), kenyataan tersebut semakin tebal saja sketsanya. Memang, Islam berhaluan keras ini sepertinya hendak  memfokuskan gerakannya di kota-kota besar, selain mudah untuk masuk berita juga mudah mendapatkan akses untuk penggalangan dana.

Apakah gerakan begini ini juga berurat akar di pedesaan? rasanya belum (untuk mengatakan tidak) ataupun  jika  ada paling-paling hanya kelompok kecil yang  sembunyi-sembunyi di balik pertemuan rahasia. Apalagi, penduduk desa biasanya cenderung lebih akrab dengan ajaran lembut dan memilih bergabung dengan  kelompok-kelompok Islam yang lebih membumi (Nahdatul Ulama dan Muhammadiyah) dan malas terhadap ajakan para pionir garis keras yang seringnya mengajak ke persatuan khilafah atau ajaran yang demikian mudahnya mengkafirkan penganut islam  lainnya.

Negara Indonesia sepakat dan bertekad untuk berlandaskan  Bhineka Tunggal Ika (tan hana dharma kang mangrwa), dimana hal ini berarti “berbeda namun tetap satu, bahwa tidak ada kebenaran yang bersifat mendua. Tapi itu dulu! bagaimana keadaan sekarang, masih tetapkah ide itu menggelayut dalam pola pikir masyarakatnya? Bukankah di negara ini pemeluk agama islam lebih besar?dimana hal ini bisa merupakan keuntungan tapi juga bisa berarti celah kelemahan. Hmm..bagaimana jika ada godaan pertanyaan begini, ” Umat Islam di Indonesia kita hasut saja, kita bisiki dengan doktrin keras, kita habisi tokoh-tokoh pluralis, dan kita ganyang penganut Islam Bid’ah, lalu kita akan panen dengan keuntungan ekonomi dan politik? Mumpung Nurcholis Majid dan Gus Dur sudah wafat, mumpung ada banyak keresahan ekonomi menghuni dipikiran rakyat jelata? Weeh, jika ini sudah terjadi maka akan sangat bahaya bung!

Allumma salim salim ya Rabb..ya Tuhan selamatkan,  selamatkanlah..

Rasanya doa tersebut akan sering mengalun di hati dan pikiran orang-orang yang lebih mementingkan kemajemukan dan keberagaman Indonesia, dimana di setiap harinya ada banyak berita yang mengancam kebhinekaan negaranya. Entah itu bidang politik, budaya, ekonomi, maupun agama. Kita sebagai rakyat jelata hanya sanggup untuk berdoa agar  lebih banyak merebak dan meruah  pemeluk-pemeluk  islam yang lembut dan penuh cinta.

Salam darussalam

 

 

 

 

 

 

 


2 Komentar

  1. zangswara mengatakan:

    mungkin pelaku bom buku ingin mendagangkan bukunya, hihihiihi

  2. MFc mengatakan:

    Fa Ido Ma
    Ma Ido Fa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s