Jaturampe

Beranda » Agama » Deru Padang Pasir, antara Semangat dan Ancaman!

Deru Padang Pasir, antara Semangat dan Ancaman!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Kata Sejarah, sewaktu dulu Bung Karno dan Bung Hatta (atas nama rakyat Indonesia) memproklamasikan kemerdekaan RI, Beliau mengatakan bahwa,“Kita memproklamirkan negara sadja gampang, tapi mempertahankan negara, memiliki negara agak sukar.Hanja Rakjat jang mempunjai rasa penuh tanggung-djawab tadi, tidak bosanan, itulah jang mendapat negara jang abadi. Barang siapa jang ingin mutiara harus berani terdjun di lautan jang dalam. Djanganlah lembek, mohon pada Tuhan supaja bangsa Indonesia menjadi satu bangsa jang djaja didunia, menjadi bangsa kuat dan tabah.” yang semua itu membuktikan bahwa beliau-beliau mempunyai rasa cinta yang sangat meruah untuk bangsa ini,semangat dan rela berkurban untuk kepentingan yang lebih besar, apalagi kalau bukan kepentingan bangsa dan negara tercintanya.

Di zaman sekarang ini, dimana kenyataan (baca-kebenaran) mudah didapat, baik lewat koran, berita, maupun internet, masih banyakkah penduduk negeri ini yang memiliki semangat dan cinta pada tanah air? ataukah gerusan zaman yang kian membabi-buta semangkin menipiskan rasa seia-sekata dalam kesatuan ini? Ya..boleh saja engkau berkata, “Ah..lha wong persatuan masih terjaga kukuh kok, kamu saja yang ketakutan dengan bayang-bayang raksasa!”

Lalu bagaimana engkau kan menjawab pertanyaan tentang rasa aman untuk beribadah kaum minoritas di bumi ini? bagaimana dengan pelarangan/kesulitan untuk mendirikan bangunan ibadah untuk saudara yang lain keyakinannya dengan mayoritas? bilamana masih ada banyak kesalahpahaman antar agama, sudahkah itu terselesaikan dengan baik?atau hanya menjadi bongkahan salju yang suatu saat menggelinding dan membesar? Belum lagi tumbuhnya semangat Islam baru yang semakin hari semakin banyak dan membesar (engkau merasakannya? ya..ia mengurita disetiap pojok kantor, acara dan banyak media, menunggu dengan peralatan lengkap yakni segepok kata-kata ilahi yang digali Gali), dimana napas dan semangat padang pasir masih terbawa, apa ini bukan merupakan tantangan zaman buat Indonesia?

Ya..aku hanya bisa berharap, semoga Kebhinekaan ini selalu menaungi langkah kaki Sang Rajawali, karena yang paling menakutkan adalah ancaman dari dalam, dalam goa kepicikan.

salam darussalam


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s