Jaturampe

Beranda » filsafat » Tuhan Dalam Bingkai Mistis, Al-Jili!

Tuhan Dalam Bingkai Mistis, Al-Jili!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Jika Tuhan sedang meruahkan CintaNya, jika Tuhan sedang ingin dirindui, jika kasih Tuhan sedang ingin menarik masing-masing diri , jika Tuhan sedang ingin buka-bukaan, maka benarlah apa yang dikatakan Abd Al Karim Ibn Ibrahim Al-Jili(sang sufi agung yang berasal dari jilan dimana garis nasabnya sampai ke Syeikh Abdul Qodir Jilani) bahwa para pencari/pecinta akan mengalami tahapan-tahapan dari setiap perjalanan menuju terang sejati. Sebuah perjalan panjang penuh liku, goda, roja, pula riya. Berikut ini adalah saripati dari wejangan beliau tentang kesempurnaan Sang Insan Kamil yang mendapat pencerahan mistis dalam penyingkapan..

1. Pencerahan nama-nama
pada tahapan ini, manusia yang menerima petunjuknya akan dapat mengetahui berbagai misteri makna luar dan dalam dari namaNya, sehingga ketika sang hamba menyebut Asma tersebut, maka Tuhan akan menjawabnya dengan limpahan kasihnya.

2. Pencerahan sifat-sifat
jika Tuhan menyingkap Diri-Nya pada manusia ini, maka manusia
yang menerima petunjuknya itu akan menjadi satu dengan sifat Tuhan itu sendiri(kehidupan, pengetahuan) semisal ia menyandang sifat kehidupan, maka manusia tersebut dapat meresap, merasakan kehidupan alam semesta, baik kata-kata maupun rahasia yang ada di dalamnya. Jika ia menyandang atribut pengetahuan, maka ia mengetahui masa yang lampau, sedang datang bahkan masa datang.

3. Pencerahan Inti
pada titik ini, sang insan sempurna menjadi mutlak sempurna. Semua sifat telah lenyap, sebab Maha Mutlak adalah menaungi dalam diri.

Ya..memang menarik apa yang diujarkan oleh syeikh ini, dimana warta tentang Tuhan, dibuka dengan terang dan gagah berani, terlepas dari kesiapan, keberanian pula ketulusan putih para hamba-Nya untuk tetap tekun dalam mencari jati diri, Tuhan sudah buka-bukaan.

Iklan

2 Komentar

  1. Tato Sugiarto berkata:

    *** OPEN HEARTED and BROAD MINDED … Q.S. 58 AL MUJAADILAH ayat 11-13 …!!!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s