Jaturampe

Beranda » Jawa » Tembang Kematian untuk Lagu Anak!

Tembang Kematian untuk Lagu Anak!

Follow Jaturampe on WordPress.com

wualahh..
Adakah pencipta lagu anak handal yang dimiliki bangsa sekarang ini? Dimana karya-karyanya terbilang abadi atawa tak lekang oleh zaman. jika pun ada, paling hanya nama-nama pengarang yang sudah akrab menemani masa kita beranjak dewasa to? Sebut saja, Pak Kasur, Bu Soed, Papa T Bob dan konco-konconya. Lalu generasi baru? kosong melompong bak sapi ompong? nol prutul- jare kancaku! Memang ada juga sih, meski karangannya kadang hanya bersifat musiman, atau kadang malah hanya dinikmati sebagian anak-anak orang kaya yang mampu menyekolahkannya pada sekolah musik yang bergengsi, dimana lagu tersebut sangat berdinamika dan terlalu angel-(basa jawane) untuk dinyanyikan anaknya orang biasa. Andai aku tlah dewasa..walah prut ah!
Sungguh, aku rindu pada orang-orang yang rela mendarma baktikan hidupnya pada dunia anak dengan mencipta lagu, bahkan kadang dengan keikhlasan yang luar biasa tak mencatatkan namanya pada tembang hasil olah pikir dan rasanya. Dirinya hanya cukup puas ketika lagu tersebut keluar dari mulut bocah-bocah kecil yang riang bernyanyi. Dirinya hanya cukup puas dengan melihat seorang anak yang terkekeh penuh cinta yang meruah, baik cinta pada hidup maupun dicintai oleh yang hidup. Dirinya hanya cukup puas menikmati tugas hidupnya pada kehidupan ini.
Sebut saja Menthog-Menthog, Jaranan, Kodhok ngorek, Serayu, Motor Muluk dll. Adakah yang tahu dengan pasti siapa pengarangnya?

Mungkin bukan aku satu-satu orang di negara ini yang tumbuh dan berkembang bersama lagu-lagu anak tersebut.

Mungkin bukan aku satu-satunya orang di negara ini yang berimaginasi bersama lagu-lagu anak tersebut.

Mungkin bukan aku satu-satunya orang di dunia ini yang tidak takut terhadap masa dewasa karena selalu dibuai oleh nada-nada biasa namun istimewa. melekat kuat!

Tapi bagaimana dengan Anak dan cucu kita nantinya? Walah Boh, ngelu..! Ayo Le, Mari kita nyanyikan tembang ini, biar wong-wong pinter itu masih disibukkan dengan hal-hal yang berbau ekonomi atau pasar, biar wong-wong pinter itu masih digelisahkan oleh hukum-hukum yang kadang samar, tapi untuk kita..hahaha..cukup bernyanyi dalam binar

Kupu kuwi tak incupe
mung abure ngewuhake
ngalor ngidul ngetan bali ngulon
mrana-mrene mung sak paran-paran
mbok yo menclok tak incupe…


2 Komentar

  1. Artikel yang menarik…
    Salam kenal ya…
    Saya juga punya sebuah blog yang mengupas lagu anak…
    Ada lagu2 anak karya saya di blog tersebut..
    Lagu2nya sangat cocok sebagai media pengajaran anak TK dan PAUD
    Silakan berkunjung ke http://lagu2anak.blogspot.com
    .,.,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s