Jaturampe

Beranda » filsafat » Kisah Tabib Brozzie dan Meterannya!

Kisah Tabib Brozzie dan Meterannya!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Tabib Brozzie memulai hari penyembuhan dengan meteran baru. Meteran warna merah itu khusus dibelinya dari Pulau Kulon. Ya..dengan bekal itu barang dan bara semangat ia ukuri setiap inci tubuh pasiennya. Ada sebuah ukuran dimana ia percayai mampu sembuhkan berbagai macam penyakit, dari kudis, kurap, panu koreng, pula penyakit kuno yang melanda masyarakat desanya.

Sang Tabib ini tiada peduli, meski banyak yang mengatakan bahwa ia kurang cocok tinggal di desa ini, mungkin karena cara pengobatan dari tabib terbilang nyeleneh. Bayangkan, Ia hanya memukul-mukulkan meteran pada pasien, mencabuti bulu-bulu hidung kemudian, Ia hembuskan mantra berbahasa asing –khas bahasa padang pasir.. Ya.. asing dan mantra janggal untuk ukuran penduduk desa yang hanya mengenal bahasa Jawa, tapi yang jadi janggalan bagi penduduk kampung adalah banyaknya umpatan Sang Tabib terhadap para penyembuh lain, entah itu dukun, suster, dokter yang tidak segaris metode penyembuhannya.

“Hmm…mereka terlalu lancang dan melenceng dari kaidah dan kode etik sebagai seorang penyembuh,Man! penduduk kampung harus dan hanya bisa disembuhkan dengan cara ini, sebab ini cara banyak jadi rujukan para datu-datu bahkan dapat restu dari Sang Juru Penyembuh!” ujar Tabib Brozzie berapi-api

“Lha wong dokter dan dukun lain kan mempunyai cara berbeda untuk mengatasi berbagai macam penyakit, Bib, lagian setiap disiplin ilmu yang di dapat dan penerapan juga boleh berbeda, to?,” kata Lik Dirman.

“Walah masa bodoh lah, mereka layak untuk diumpat, hahaha, kalaupun mereka ngeyel dan tidak terima, Hmm…barangkali pentungan membuat jiwa mereka menjadi kerdil!” ..!” jawab Sang Tabib

Lalu..
meteran dan pentungan miliknya
jadi bahasa kesopanan
televisi, radio bahkan koran

dan penduduk masih memaklumi, karena Lurah setengah diam, dan Pak Hansip masih merenungi nasib.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s