Jaturampe

Beranda » Jawa » Kotaku Kota Kretek, So What!

Kotaku Kota Kretek, So What!

Follow Jaturampe on WordPress.com

Demak sebagai Kota Wali, itu sudah kita maklumi. Kudus sebagai Kota Kretek itupun sudah kita pahami, tentunya hal menika terkait dengan nama besar Haji Jamahri, Niti Semito, M. Sirin, H. Muslich, M. Atmo, H. M. Asnawi, H. Rusjdi, H. A. Ma’roef serta H. Md. Noorchamid. Nama-nama itulah yang menjadi Ikon yang berhubungan dengan tembakau dan juga kretek. Terlepas dari berbagai kontroversi, saling silang dan tumpang tindih masalah rokok, dalam hati saya mengamini bahwa Kudus Kota Kretek.

Adalah Wanda Hamilton, akademisi asal Robenson County yang menulis satu buku kontroversi. “Nicotine War” adalah judul buku itu. Sikapnya dengan jelas menentang larangan merokok itu dengan memaparkan hasil riset dan kajiannya tentang adanya agenda ekonomi politik dibalik agenda global larangan merokok dan tembakau. Disebutkan oleh Wanda, dibalik kebijakan pelarangan merokok dan berbagai macam himbauan bahaya merokok ada para pedagang obat yang sedang berusaha merebut pangsa pasar perokok di seluruh dunia yang berjumlah milyaran orang itu.

Lalu, bagaimana tanggapan Sampeyan? Jelas, ini bukan berhubungan dengan saya yang terbiasa merokok atau larangan supaya anda jangan merokok. Tapi, ini adalah satu upaya diskusi untuk lebih jauh mengenal Kudus sebagai Kota Kretek. Karena bagaimanapun, suatu saat Sampeyan akan juga ditanya oleh kerabat, saudara ataupun kenalan nun jauh di sana, tentang sejarah maupun hal positif/negatif kelakuan merokok. Seperti juga pernah saya disuruh mengimami teman-teman STM yang beralasan karena hanya karena saya orang Kudus -Putune Sunan Kudus-katanya untuk menggasaki saya.

Padahal saya kan orang abangan…hehe
So, bagaimana tanggapan Sampeyan?

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s