Jaturampe

Beranda » Kesenian » Jagong Bersama Leo Katarsis

Jagong Bersama Leo Katarsis

Follow Jaturampe on WordPress.com

Kang LeoPuncak filsafat dan pengetahuan dunia Timur adalah pengenalan Tuhan, Om! Tentang beragamnya wajah sifat disandingkan dengan kemutlakan akan kasih-Nya.  Lha, beda lagi dengan filsafat Barat. Philosophia Yunani kan ya sering diartikan menjadi: “Ngudi Kawicaksanan” (berusaha untuk memperoleh kepandaian/kejeniusan), he’e to? Maka, wajar jika mereka menggelisahkan hidup dengan menggunakan logika dengan ukuran keranjang ilmiahnya,   sukur-sukur, masuk dalam takaran, jika tidak ya.. buak! Jelas ini berbanding terbalik dengan filsafat Timur, to-khususnya Jawa, Di sini, orang-orang lebih menggairahkan perjalanan hidup guna mencapai kasampurnan jati, dengan timbangan yang digunakan adalah harmoni, manfaat, ngenehi lan kanggo! filsafat diterjemahkan sebagai “Ngudi Kasampurnan” (berusaha untuk mencari kesempurnaan sejati).

“Ini membuktikan kita  selangkah lebih maju jika dibandingkan dengan peradaban barat” kata Kang Leo berapi-api. Ya estetika! tentunya penangkapan ngudi kasampurnan ini bisa lewat napas seni & berkesenian, kan?Dirimu tahu sendiri, seni merupakan wahana yang paling tepat untuk mengungkap keindahan Wajah-Nya!” lanjutnya dengan suara makin memberat.

Aku manggut-manggut sambil teringat quote Wong Agung Jawa pada Kennedy, Ya, ada sebuah keinginan Soekarno untuk mengimport kesenian hingga bisa mengalahkan peradaban Barat. Sesekali kutatap ujung dari mata Kang Leonya.  Celakanya, Ia sepertinya tahu apa yang sedang kubatin. Entah, dari kesekian detik yang berdetak,  kulihat Ia  mengeryitkan dahi, lalu berujar..

“Oh ya Ommie, tadi pagi peserta lomba teatere pelajar tingkat  SMA, mung siji!”

Aku mung trima manggut-manggut bae,  sambil nyeruput wedang kopi

dan menemukan ada dua kepahitan..

“Oalah, Mbane!

 


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s