Jaturampe

Beranda » Kesenian » Nasibe Kesenian Rada Prana?

Nasibe Kesenian Rada Prana?

Follow Jaturampe on WordPress.com

Sebelum akhirnya kalah perang, Jerman lewat siasat dari Si Gobbel membuat kebijakan bernama Gottbegnadeten. Sebuah kebijakan yang mempunyai arti kurang lebih penyelamatan manusia yang diberikan karunia oleh Tuhan. Singkatnya, upaya penyelamatan manusia-manusia berbakat. Siapakah orang-orang tersebut?

Bukan politisi, pejabat negara, menteri apalagi konglemerat, namun justeru malahan seniman, penulis, pemain film, pembuat film, penyanyi, pengarang lagu dan orang-orang kebudayaan.

Jeman punya pendapat bahwa untuk membangun kembali identitas bangsa Jerman, bangsa Ubber Alles itu, hanya bisa dilakukan oleh insan-insan terpilih tersebut.

Rupanya Jendral-jendral Nazi, tahu bahwa untuk membangun jiwa manusia yang diperlukan bukan senapan tapi karya seni yang bermutu.

Demikian juga Jepang, ketika Bom Atom menghujam kedua jantung kota miliknya, yang ditanyakan adalah berapa jumlah guru yang tersisa?

Perang dunia ke-2 pun berakhir. Dunia bergerak hingga mencapai milenium ini, kedua negera tersebut, masih menjadi negara yang tetap diperhitungkan.

Wah, jadi teringat petuahnya Mbah Pramudya nih, bahwa

“Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.”

― Pramoedya Ananta Toer

Lalu, bagaimana khabar guru dan kesenian di Indonesia? Alhamdulillah, guru di Indonesia sudah semakin sejahtera. Lalu, bagaimana khabar kesenian dan pemuda pecinta kesenian?

Satu kenyataanya, banyak pemuda di Indonesia menyukai budaya dan kesenian, dan Alhamdullillah kesenian dan kebudayaan Jepang, Korea dan USA…hehehe, Globalisasi Mbokdhe…-Katanya-


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s