Jaturampe

Beranda » Fasbuk » FASBuK Bulan Agustus: Menunggu Ruah Pantomime

FASBuK Bulan Agustus: Menunggu Ruah Pantomime

Follow Jaturampe on WordPress.com

Anda kenal dan tahu pantomime, to? Ya, pantomime adalah salah satu seni jenis kesenian dimana tingkah laku, objek atau benda banyak divisualisasikan nirkata, namun lebih banyak menggunakan gerak tubuh beserta ekspresi mimik wajah. Ringkasnya pantomime merupakan pertunjukan bisu, namun kaya akan imaginasi, baik dari sudut kacamata Sang Aktor maupun dari penontonnya.

Berbincang mengenai pantomime serasa menjadi tidak komplit jika tanpa menyebutkan aktor-aktor kondang berikut, seperti Charlie Chaplin, Milan Sladek, Jemek Supardi, Sena Didi Mime, Epi Kusnandar maupun Septian Dwi Cahyo. Merekalah para penggerak dunia pantomime dasawarsa ini. Lantas siapakah Mime-mime penerusnya? Dan bagaimana dengan aktor pantomime lokal? Mati surikah?

Forum Apresiasi Sastra dan Budaya Kudus (FASBuK) yang di dukung Bakti Budaya Djarum Foundation kembali menggelar lawatan rutin sastra dan budaya. Kali ini menampilkan Pementasan Pantomim bertajuk “Menunggu” yang digarap oleh kelompok RED LINE di Auditorium UMK Kudus – Gondangmanis. Dan benar saja, pertunjukan ini menjadi sebuah oase ditengah kelesuan dunia pantomime, khususnya lokal kota Kudus.

Hari Rabu, 27 Agustus 2014, pukul 20.00 WIB acara FASBuk dimulai. Penonton yang sudah menunggu, mulai merangsak maju. Bangku-bangku yang disediakan oleh panitia, ruah penuh terisi baik penonton umum, seniman maupun komunitas-komunitas seni. Bahkan Farid Cah Koedoes, dan Pak Bambang Aceh pun berkenan hadir. Ini jelas menggembirakan, sebab gelegak dan dahaga muda-muda yang ingin belajar mengenai seluk beluk, apa dan bagaimana dunia pantomime dibahas secara detil oleh para seniman senior tersebut pada kegiatan diskusi selepas pementasan.

Ya, meskipun terbilang ‘nama baru dikenal’ kelompok Red Lines yang beranggotakan Eky, Eka, Irfan, Arpin, Entong,Titik, Anggara, dan Anta terbilang sangat menghibur. Selama kurang lebih 45 menit, penonton pun dibuai dengan banyak gelak tawa menyaksikan gesture, mimik lucu mereka. Sesuai dengan prediksi penulis, selepas pementasan, muda-muda kota Kudus pun ingin dan segera mengabadikan gambarnya bersama mereka.

Bravo dunia pantomim!
Bravo, Red Lines!
Bravo juga untuk FASBuK!

10643198_816251365073080_1736880811_n

10668355_816251678406382_1482453960_n

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s