Jaturampe

Beranda » filsafat » SwaTantu: Roda Gerilya (Mangata)

SwaTantu: Roda Gerilya (Mangata)

Follow Jaturampe on WordPress.com

Mangata merupakan definisi dari kata yang kurang lebih berarti bayangan bulan di air yang berbentuk seperti jalan. Satu fenomena alam yang indah bukan?Cahaya dari Sang Penerang malam yang terpantulkan lewat air. Ah, seperti sebuah masa gelap yang berkarat, gelap kesumat, gelap dalam pekat dapat penerangan sinarkan?

Sampeyan pernah mengalami masa seperti ini, Lik? Masa dimana apapun norma, macam pelajaran hingga senandung kebenaran menjadi hal yang hilang entah kemana, tatkala kebuntuan datang menyergap. Sangsi tak tahu kemana lagi? Terjebak di dunia entah, terkapar di kedalaman gua berantah?

Andai pun sampeyan melakukan hal-hal lugu seperti dalam buku panduan hidup yang harus sopan, santun,tapi malah tak diindahkan? Acapkali malah terinjak-injak? Lalu, kitapun kembali melihat buku panduan hidup, “Bagaimana hidup yang baik itu, bagaimana harmoni itu ya, bagaimana kebahagian itu di dapat ?” namun panduan tetap sama. Hitam atau putih. Surga atau neraka? Masuk atau keluar? dan belum jua puas?

Seperti kata Albert CamusManusia absurd di tengah dunia yang memang absurd– Goda itu akhirnya datang jua. Mula-mula, kering, sedikit basah, makin lama makin membasah. Suara-suara itu “Hei ayo, kamu bukan yang pertama kok,  yang melakukan ini banyak loh, ah, masak hanya segini sih, ayo ambil saja, tak ada yang tahu lho, ayolah kawan! Ah, toh bukan kamu yang melakukannya? Suara merayu penuh jebakan, bukan?

Namun, tetap saja ada yang datang menyergap. Bayangan bulan dalam yang merupa sebuah jalan, suara-suara itu “Sugih tanpa bandha, nglurug tanpa bala, menang tanpa ngasorake!” sesanti dari Sang Mandhor Klungsu -RMP Sasra Kartono-

Untuk mengabadikan petuah RMP Sasra Kartono hingga betapa bermaknanya penemuannya tersebut, kami menciptakan lagu yang berjudul Mangata


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s