Jaturampe

Beranda » prosa

Category Archives: prosa

Bedane Wong Kudus lan Wong Kudu

“Waktu itu, banyak orang yang nyantrik di Bengkel Teater milik Rendra, Bung, termasuk saya, yah, meskipun hanya beberapa hari, tapi kenangan itu berasa masih membekas!“ Kata Farid Cah Kudus membuyarkan lamunan kami
“Iya, Bung Ommie, saya pun sempat ngendhon selama seminggu, di sana kami diajari untuk mencangkul di ladang, menanam lombok dan malam-malamnya terlibat diskusi pada hal yang seru sekali, dan khabarnya, hasil panen itu meruah dengan biji lombok yang benar-benar hot!” Timpal Pak Bambang Wid, sembari membuka kaos birunya.
“Itulah, dahsyatnya seniman, khususnya Rendra itu, Om. Bayangkan saja, komplek itu termasuk daerah tandus, kering lan angel tapi karena ketekunan dan ketelatenan menghasilkan panenan yang memuaskan! Memang, disitu, diajarkan bagaimana ketekunan dan kedisiplinan berkelindan dengan hidup itu sendiri, bagaimana belajar menghidupi diri sebelum menghidupkan apa yang dicintainya, menempa, berencana, mengolah dan menyinergikan alam dalam dan alam luar! Bayang, kelahiran bibit actor teater yang benar-benar berasal dari tanah dan air yang menghidupinya. Maka hot dari cengeh itu akan lebih berasa!” Sela Leo Katarsis
Rupanya malam -meskipun belum larut- makin gerah. Bukan sebab tema diskusi, namun barangkali karena kekangenan kami yang makin menggumpal untuk bersua dan bercengkrama. Sesekali tawa datang membahana, larut bersama kepulan asap yang turut mengudara.
“Oh, jadi begitu ya, bentuk perjuangan itu, Mas!” kata Habibi Pipi Cabi

“Begitulah Bro, dan barangkali hal itu yang menjadi batas antara generasi lalu dengan generasi sekarang!” kata Farid Cah Kudus
“Piye makdus eh maksude kuwi, Mas?” kataku makin tertarik
“Wong biyen leh panci ngono, menempa diri dengan maculi tanah yang dicintainya, mbanyoni lan milih bibit unggul njur ditandur nang plataran, njaga kanthi kebak rasa tresna asih sanajan ya kala-kala intho-intho karo nesu barang!”
“Ngene lho, Om, Si Farid Petenggeng, mbabar bedane kamu tani lan Wong Kudu!” kata Leo Katarsis
“Piye madkus eh makduse kuwi, Mas?” kataku benar-benar semakin tertarik
“Yang namanya petani itukan pelaku, panenan ataupun kegagalan merupakan hal biasa, kan? Bukan berarti begitu tidak panen, kemudian larut dalam ratap nasib yang karut-marut. Bangkit kemudian berdiri, bangkit untuk kerja, berdiri untuk berkarya. Dan kemandirian itu, menimbulkan mata nyala. Nyala sebab makna. Lain halnya dengan Wong Kudu. Kerjane mung adang-adang. Pas utawa ngepasi. Begitu menemu bagian yang menyaru lantas jadi ragu-ragu lalu sejenak abu-abu. Celakanya, begitu tidak bertemu momentum berdentum, ia lari dari tujuan hakikinya. Yah, tapi ya harap dimaklumi saja. Lha wong memang Wong Kudu.
“Adakah korelasinya antara Wong Kudu dengan Wong Kudus itu sendiri, Mas?” selaku
“Gau, ah!” jawab Leo Katarsis
“Yo wisss!” kataku manja
“Hya itu jenenge otak-atik gathuk, Bagong Petruk mangan cengkaruk, nang angkruk sinambi manthuk-manthuk, Ommie! Pegawean adang-andang randha budhal ronda” jawab Pak Bambang
“Tapi iki lho malah luwih enak, randha royal (tape goreng) asli sing digawa Wak Widayat, dudu randha bubar ronda!”
“Yo wisss!” kataku semangkin manja
Dan, kembali, kami terlibat dalam tawa yang benar-benar panjang, sepanjang angan, sepanjang kenangan akan gula-duka jagad per-teater-an itu sendiri.

Perampok Alam

12592471_921792381201303_8767819966099543584_n(Lagu Ke-6, SwaTantu)

Ilegal logging di mana-mana

Membakar hutan membuka lahan
Alam pun rusak binatang pun musnah
Itulah rakus sifat manusia
Hutan pun gundul
Hutan pun hancur
Hutan pun hilang
Hutan pun musnah
Monyet-monyet  dimana rumahnya?
Monyet-monyet hilang habitatnya!
Burung-burung mana nyanyiannya?
Burung-burung tinggal cerita!
Tanah dan batu jadi berhamburan
Terbawa banjir akibat erosi
Alam yang jadi berantakan
Rusak karena ulah manusia

Jimat SwaTantu

Air adalah kebaruan
Mencari hari kita
Rupa
Senandung rindu
Api adalah hidup ini
Di dalam bekas pertaruhan
Kenang tenang, terjadi!

Bila kita saling bicara
Kita saling menjaga
Bersaksi

mari hadirkan nada
Membangun biru tugu
Kita senyapkan riang
Dirundung misteri, pelangi yang itu

Kita adalah gelisah
Merapuh di sudut ruang malam
Menjerit sekali-kali
Bila bercak merebus kenangan yang lalu
Coba bertahan, terus berjalan harus berjalan terus melawan
Coba bertahan, terus berjalan harus berjalan terus berahan, berjuanglah

Fasbuk Bulan Oktober: Semesta Merindu (1)

Layaknya musim kemarau panjang, demikian juga keadaan kesenian yang satu ini.  Seni Sastra. Mungkin barangkali dekade 90-an kita masih menyimak dan mendengar suara Yudhi MS, mengasuh acara pembacaan puisi di salah satu radio di Kudus. Atau barangkali, cerita-cerita membumi yang dibuat MM Bhoernomo dan Jimat Kalimasada, masih kita temu di salah-satu koran mingguan ataupun tabloid-tabloid unggulan. Dan barangkali saja, sajadah, gelegak rindu Tuhan dan Rasulnya, masih terbingkai apik dalam kumpulan puisi Jumari HS, Mukti Sutarman SP, Puntodewo, Darmanto.

Tapi bagaimana dengan khabar dan karya penyair muda dekade ini? bagai satu kemarau berkepanjangan, tanah rekah, ranting dan dahan: resah, rindu rinai hujan, rindu satu kelembaban. Meski jerit ataupun desah, tersimpan dalam ketuk jemari di meja-kursi, ataupun nyanyi sangsi. Bisakah? Ya, barangkali kita hanya akan gagap ketika satu pertanyaan dilontarkan oleh Darmanto Sujatman, “Apakah yang kautangkap dari swara hujan, dari daun-daun bugenvil basah yang teratur mengetuk jendela? Apakah yang kautangkap dari bau tanah, dari ricik air yang turun di selokan?” Hening. Kosong. Mung sumeng, dalam kesendirian.

Terhenyak. Dalam Kudus

Dalam rindu semesta yang merindu

Dalam rindu geliat seni sastra mengudara

amusa3

Cina? Memange Jadi Masalah?Ora Ta?

“Jan-jane, sapa sih Wong China kawitan kang klinong-klinong nang kutha kene, Lik? Lan akulturasine kuwi berjalan kanthi mulus-mulus wae apa pernah ana gejolak? Mengingat dan menimbang Kutha Kudus akeh uga pedagang lan agamawan asli pribumi?” Tanya Mbuls kepada Lik Sarpin.

Sanajan Mbuls anggone takon krasa entheng tanpa beban, ananging anggone mikir jawaban pitakone kuwi mbutuhake banyak penggalian yang bermakna. Lik Sarpin rada keweden. Wedi yen anggone nggali inpormasi salah kayadene PT Lapindo Brantas ngebur sumur gas. Wedi yen Si Lendhut muncrat tekan ngendi-endi. Ya, selama lima menit, Lik Sarpin mung plonga-plongo. Ingatannya diperas, keringatpun mengalir deras.

“Ngene Mbuls, umpamakake wae jawabanku iki dudu jawaban kang final, Ye! Sampeyan kudu luru inpormasi tambahan kang sipate luwih baku lan resmi! Nah, miturut lintas berita sing tau tak waca, ekspedisi kawitan kalangan China kuwi dimulai saka lakune Jenderal Cheng Ho kang uga sinebut Sam Po Tay Djien. Dirinya bola-bali ngunjungi tanah Jawa watara kurang luwih nganti meh ping pitu. Samudera Pasai, Cirebon, uga mampir nang Semarang. Ananging, please! aja takon kenapa mung gur ping pitu, lan kutha sing tak sebut mung telu. Merga, aku…hehehe, ra ngerti. Eh, sejatine ngapa dirimu takon perkara iki!” jawab Lik Sarpin semu ngguyu

“Ahaay, tenang aja, Lik! Iki aku mung takon merga pingin ngerti wae kok! Dudu merga babagan liya-liyane. intine ipoleksosbudhankam plus ber, lah pokoke! (ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya, pertahanan dan keamanan: bersama) hehehe, ngerti dhewe to, Lik, sejarah kuwi rak ya penting lan wajib dingerteni lan uga dijimuk hikmahe, to?”

“Hasyah, ra usah digagas, Lik, pitakonane Mbuls kuwi telembingsing, ngayawara setengah ngrudapeksa! ngaku-ngaku demi ipoleksosbud bersama barang! padune setengah propopasi, apa kuwi? ah aku lali, Huualah…selak mambu malah!” sela Kemat Sang Juragan tomat

“E..telebingsing gundhulmu peyang! Lha ana wong pingin tau sejarah kok di pinggirkan. Piye-piyelah kuwi rak ya kanggo to, umume tumrap bebrayan agung, utamane kanggo pengetahuan awakku dheweke! Dasar juragan tomat, senengane gawe sambel tomat, wooo…enakke kowe wae sing digawe sambel tomat!” balas Mbul sembari ngende-ede

“Sudah-sudah, cukup! Ora usah padu. Kali ini, Si Mbuls yang bener, Mat! Dheweke kepingin ngerteni sejarah kuthane dhewe, ya kutha bersama. Sanajan umpama ana sing peteng, utawa ana sing berkabut, sejarah tetaplah sejarah. Dan kita sebagai putra kelahiran kota ini, berhak tahu isi sejarah tersebut. Lan, iki jelas dudu dosa!” sergah Lik Sarpin

“Memange, Kutha Kudus tau bergejolak gegeran China? Ndak ya tenan to! Kapan Kuwi?” Badrut tekon setengah ngucek-ucek mripate..

Kabeh meneng, nasibe kenangan kutha ana nang tangan-tangan sejarawan sing rada diarepke crigis…

NB: Efek Membaca Buku Drs Masyhuri, MA, PhD

Pesen Saka Mbah Kemput!

Sumber: Facebook teman

Sumber: Facebook teman

>Meruah Kembang Setaman<Jaturampe

Nak jare Einstein to, “Life is like riding a bicycle. To keep your balance, you must keep moving, Le!” Kata Mbah Kemput menasehati, barangkali Ia merasa adanya perubahan sikap atas diri Yu Paikem, maklum saja beberapa hari ini Ia agak cuek melihat keadaan dunia sekitar.

“Sik-sik Mbah, tumben kok ngagem Basa Indiyah barang, kula menika tiyang asli Negara bagian Jawa lho, jadi linglung, to jika dibujuki dengan bahasa rancuh kaya begituh!” Kata Yu Paijem

“Indiyah gundulmu! Wis,  ora penting kuwi, sing baku kanggo sliramu kan petting, to!” Sela Doraemon

Yu Paijem mung ngguyu mecengis, sanajan ana rasa rada kuciwa. Wayah ngene iki biasane dheweke mung nguntel-untel pinggiran kebayane.

“Halah, Kang Doraemon ki lho senengane, menggodah dirikuh dengan rayuan gombal-gambulnyah, padahal dirikuh inih bukan sekedar jandah sembarangan lho, tapih jandah kembang! Gerutu Yu Paijem

“Kembang Apem, kelessss!” sela Doraemon

“Wis, ora usah congkrah. Ngene Yu Paijem, artine omongane Einsten kuwi ya pada karo ngandani yen urip kuwi ora beda kaya nunggang sepedah kae, dadi kanggo njaga supaya imbang, awakmu kudu tansah mlaku, sanajan ya mung grotal-gratul ngono kae, Jem!” Kata Mbah Kemput

“Dadih, sayah kuduh tetep mlakuh yah, Mbah?” kata Yu Paijem setengah mendesah

“He’em, Jem, uga tetep criwis, crigis, nulis tapi ora gampang nangis, dan jangan lupa untuk selalu mewartakan apapun yang sipatnya berhubungan dengan estetik tanpa meninggalkan etika, lho ..Jem, maklum di masa begini yang ada semuanya berbau kepentingan, entah kepentingan sesaat, entah kepentingan sekedar ragat. Dadi, lamun ana sing muntah-muntah, lamun ana sing congkrah, tetep jaga dirimu dari pewartaan yang mengarah, santai saja kayak dipantai, tetep sintal, tetep binal,namun tetep menggodah!” Seru Mbah Kemput

Tak sengaja, Doraemon dan Yu Paijem saling bersitatap. Sesungguhnya, secara diam-diam dua makhluk ini saling mengagumi. Doraemon senang kegenitan Yu Paijem, sementara Yu Paijem terkadang terangsang sebab ketegasan Doraemon, apalagi Doraemon punya kantong besar, dimana itu menandakan kebesaran isinya. Oh..serasa ada bagian dari diri Yu Paijem yang cenut-cenut.

(lebih…)

Yang Gila Kita atau Mereka?

“Wektu pas tak takoni, ngakune jenenge Si Jasmon,
Bung!” Kata Agung Sedayu

“Lha, ngomonge saka tlatah ngendi, Bung?” tukas Eq

“Kaliklopo tah endi ngono lho, Bro” jawab Agung Sedayu

“Lalu, apa keanehan yang pernah dilakukannya?”
Tanya Tonny tiba-tiba mengikuti dengan sungguh-sungguh,
setelah beberapa menit yang lalu asyik dengan gadget
barunya..

Ya, hari ini kami berniat membahas tentang “Wong Ra
Ganep” alias sedheng, menyun, min, atau bisa dibilang
edan…sanajan tetep jeh katokan..

Si Jasmon ini suka sekali membawa sabit, Bung! Ia
senantiasa ngempit arit di keleknya yang apek. Hingga,
pernah satu ketika, Jasmon ini masuk di salah satu
universitas terkemuka di kota ini, terang saja, banyak
Mahasiswi berlarian ketakutan, bahkan ada yang sempat
kencing di celana!” Imbuh Agung Sedayu berapi-api..

“Masak, tidak ada sekuriti yang menahan masuknya Si Jasmon ini, Bung?” sela Rio

“Lha, itu…sekuriti juga rocker, eh, manusia to, Bro? pastinya takut terkena sabet sabit dari si Jasmon! tukas Agung

Aku mung manthuk-manthuk, sesekali nyruput kopi buatan bung Gabul. Udara terasa makin dingin, masuk perlahan lewat lubang-lubang ventilasi GabStudio milik Gabul..

“Sik-sik Bung Agung, dadi mbiyen Si Jasmon ini pernah Sampeyan tanya-tanyai, to? selidikku…sambil sesekali mengeryitkan dahi

“He’e, ya isa njawab, genah kok!” jawab Agung

“Piye pertanyaanmu, Jack?” tanya TOnny asik mengikuti

“Heh, Kowe kok tekan kene arep lapo, Dhe! gawa arit sisan, heh, meden-medeni mahasiswa ae!

“Aku golek gawean!”

“Gawean apa, heh?”

“Ya, sembarang ah, Lik, mboh resik-resik, tah ngilangi suket!”

“Iki lho udud!”

“Emoh, lha wong kowe dhewe jeh nganggur kok arep ngenehi aku rokok!”
Sewaktu menceritakan komunikasinya dengan Jasmon, Agung sedayu memeragakan sambil berdiri dan berekspresi, ya tentunya dengan logat campuran antara logat Dersalam dengan Logat Bacin, hahaha

“Lho, Aneh! kuwi wong edan tenan tah ngedan!”

“Edan, Bung, wong bar iku ndlemang-ndleming ra ora juntrunge kok! jawab Agung Sedayu

“Aneh maneh ya, wong edan sebelah kampungku kono, Bung!” Tiba-tiba Gabul membuka percakapan yang sejenak berhenti

“Oh ya, bagaimana tuh?”

“Jadi, Wong Edan ini suka membawa sapu, dan seringkali menyapu halaman penduduk di sini, Bung, bahkan sewaktu musim penghujan kemarin, Ia suka membersihkan got dan saluran air!” Imbuh Bung Gabul

“Lah, jan-jane edan dan wong normal kuwi, Bung?” tanya kami bersamaan

“Edan, kok Bung, lha wong biasanya dleming ra karu-karuan kok!”

Tiba-tiba ada tarikan kuat -yang berasal dari entah- yang membuat Kami berada dalam kebingungan yang membahana..

Bingung membedakan manakah yang tergolong Wong Normal dan manakah yang masuk daftar Orang Gila?

Kami dan para manusia normal lainnya, ataukah Si Jasmon yang sesungguhnya gila?

“Wis ayo..udud lan nyruput ngopi maneh ben dadi jasmon1gak normal!

Jagongan di Gabstudio, Foto & Dokumentasi: Agung Sedayu, Materi: Diskusi Dulur Kembang Setaman 5